Keunggulan Susu Kambing Ettawa dibandingkan Susu Sapi

Kambing ettawa selama dikenal sebagai kambing perah dari India didatangkan ke Indonesia untuk pertama kalinya dengan tujuan untuk diambil susunya. Kambing ini paling popular di Asia Tenggara, termasuk tipe dwiguna yaitu penghasil susu dan penghasil daging. Ciri-cirinya postur tubuh besar, telinga panjang menggantung, bentuk muka cembung, bulu bagian paha sangat lebat, BB jantan mencapai 90 kg, BB betina 60 kg. produksi susu mencapai 235 kg/ms laktasi. Di Indonesia untuk perbaikan mutu kambing local maka menghasilkan kambing PE (Peranakan Etawa). Sentra terbesar kambing PE adalah di Kaligesing Purworejo Jawa Tengah.

Susu yang dihasilkan kambing ettawa ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan keistimewaan tersendiri dibandingkan susu sapi serta sangat berkhasiat dan baik untuk kesehatan. Pengolahan susu kambing ettawa yang telah lebih baik, menepis citra yang sering disandangkan pada jenis susu kambing yaitu berbau tajam. Pengemasan dan pengolahan yang telah terpadu mampu menghasilkan susu kambing ettawa dengan berbagai rasa dan aroma seperti jahe, coklat, murni. Dengan demikian, mematahkan penghalang yang selama ini terbesit bagi setiap orang yang ingin memperoleh manfaat dari meminum susu kambing ettawa.

Keunggulan susu kambing etawa antara lain :
1. Tidak menyebabkan diare sebagaimana yang sering terjadi pada peminum susu sapi.
2. Butiran lemak lebih halus, sehingga mudah dicerna dan tidak meningkatkan kolesterol.
3. Butiran protein lebih halus, sehingga mudah dicerna dan sangat baik untuk perkembangan kecerdasan.
4. Komposisi kalsium dan phospor paling seimbang dibanding susu lain, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak dan mencegah keropos tulang gigi bagi orang dewasa.
5. Berkhasiat mencegah berbagai penyakit.
6. Kadar kalsium sangat tinggi.
7. Membantu memperlancar sistem pencernaan pada mereka yang mengalami gangguan pencernaan dan lansia.
(Sumber: http://www.stpp-bogor.ac.id, oleh: dony_maryanto@yahoo.com)


Susu kambing Etta Goat Milk dari HPAI sangat bagus untuk ketahanan fisik bayi, sedangkan untuk orang dewasa susu etawa digunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit, seperti asma, lever, kencing manis dan menjaga stamina.

KEISTIMEWAAN ETTA GOAT MILK

• Mempunyai sifat antiseptik alami yang dapat menekan pembiakan bakteri dalam tubuh, karena Flourin yang terkandung kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.
• Bersifat basa (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.
• Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare.
• Lemaknya mempunyai tekstur yang lembut, halus, dan lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainya.
• Bersifat Homogen alami yang mempermudah untuk dicerna, sehingga menekan timbulnya reaksi alergi.
• Mudah dicerna oleh anak balita sampai orang tua.
• Kandungan vitamin B-1 lebih tinggi dibanding susu sapi.
• Baik sekali dikonsumsi anak-anak dan orang lanjut usia yang tidak dapat minum susu sapi karena gangguan pencernaan.

0 komentar:

Posting Komentar